Makalah Tentang Atletik | PEMBELAJARAN ATLETIK Di SD

BABI 
PENDAHULUAN

            Apakah anda pernah mengajarkan atletik kepada anak-anak Sekolah Dasar. Mungkin jawabannya ya, atau juga mungkin tidak. Padahal atletik adalah cabang alahraga yang wajib diberikan di semua jenjang pendidikan (SK. Mendikbud No. 041/U/ 1987). Mengapa SK Mendikbud tersebut sampai turun ? karena atletik adalah “ibu” dari semua cabang olahraga. Itu sebabnya atletik penting sejak anak-anak usia dini.
            Jika anak-anak tidak senang pelajaran atletik mungkin karena yang diajarkan sama dengan atletik yang dilakukan oleh orang dewasa. Mereka akan bosan dan menghindar dari kegiatan atletik. Untuk anak-anak sekolah dasar materi atletik berbeda dengan mereka yang sudah dewasa, perbedaan itu ditinjau dari tingkat kemampuan atas dasar kelas yang digolongkan dalam 3 tingkatan, yaitu kelas I-II, kelas III-IV, dan kelas V-VI. (Soepartono, 2004: 2).  Ikutilah modul 1 s/d 3 atletik untuk Sekolah Dasar ini secara berturut-turut. Cermati isi dan contoh-contohnya. Setelah dapat memahami, akhirnya kita sependapat bahwa atletik sebenarnya menarik, menyenangkan, dan disenangi anak-anak.      
Modul ini disiapkan secara khusus bagi guru penjas yang mengajar di sekolah dasar untuk membantu meningkatkan kemampuan mengajar atletik. Materinya akan dipilih sesederhana mungkin disesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangan anak. Kemudian dikemas dalam bentuk permainan sederhana, mudah dilaksanakan karena gerakannya dipilih yang sesederhana mungkin. (Mochamad Djumidar, 2004: 5). Beberapa alat yang digunakan disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak dan bisa diperoleh di sekitar lingkungan Sekolah. Yang dipentingkan adalah faktor kegembiraannya, dengan demikian anak tetap tertarik dan menyenangi atletik.

Tujuan Pembelajaran
 Setelah membaca dan mempelajari modul ini diharapkan dapat:
1 Mengenal dasar-dasar gerakan atletik dalam bentuk permainan
2 Mengenal metode pembelajaran atletik yang dimodifikasi disesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangan anak
3 Dapat menerapkan teori dan praktek pembelajaran atletik di Sekolah Dasar

Deskripsi singkat urutan bahasan
 1 Dasar-dasar gerakan jalan dan lari
2 Dasar-dasar gerakan lompat
3 Dasar-dasar gerakan lempar

Dalam modul ini ketiga bagian di atas tidak disajikan secara terpisah agar dalam praktek pembelajarannya unsur kegembiraan dan dinamika gerakannya tetap belakang  terpelihara. Penyampaian materi disampaikan dalam gambar-gambar sehingga dapat dibaca oleh kalangan mana saja baik guru yang memiliki latar belakang olahraga ataupun guru umum, (Hans Katzenbogner dan Michael Medler, 1996). 
Modul ini disusun secara berurutan sebagai berikut:
Modul 1 untuk kelas I dan kelas II
Modul 2 untuk kelas III dan kelas IV
Modul 3 untuk kelas V dan VI
Ketiga modul di atas semuannya mengandung isi gerakan dasar jalan dan lari, gerakan dasar lompat dan gerakan dasar lempar. Yang membedakan satu dengan yang lain adalah tingkat kesulitan gerakannya. Seperti telah disinggung di atas, pada usia tertentu anak mempunyai tingkat perkembangan kemampuan dan pengalaman gerak yang berbeda-beda. Jadi secara berurutan bahasan materi belajar untuk masing-masing modul disajikan sebagai berikut:
1 Uraian singkat dan contoh gerakan dasar jalan dan lari dalam bentuk permainan
2 Uraian singkat dan contoh gerakan dasar lompat dalam bentuk permainan
3 Uraian singkat dan contoh gerakan dasar lempar dalam bentuk permainan

 MODUL 1
 PEMBELAJARAN ATLETIK KELAS I DAN II
Isi penting yang tersirat dalam modul I adalah bahwa atletik untuk anak-anak sekolah dasar berbeda dengan apa yang dilakukan oleh orang dewasa. Pengertian ini menjadi dasar pengertian perlunya ditinjau kembali metodik pengajaran yang sekarang berlangsung di Sekolah Dasar.
            Atletik di SD saat ini makin menjadi pelajaran yang kurang disenangi, ironis sekali, padahal atletik adalah dasar dari semua cabang olahraga. Lalu apa yang menjadi sebab di Sekolah Dasar perhatian terhadap atletik semakin kurang. Hampir pasti disebabakan oleh model pembelajaran yang tidak menyesuaikan dengan karakteristik kemampuan dan perkembangan anak.
            Model inilah yang sampai sekarang ini berlangsung karena kurang disenangi, lalu hampir tidak pernah diajarkan. Apakah langkah kita sekarang, untuk menyesuaikan dengan karakteristik dan perkembangan anak-anak Sekolah Dasar, maka atletik harus dimodifikasi. Penekanannya pada aspek bermain, karena ini merupakan bagian dari kehidupan anak. Terutama bagi anak yang kurang berbakat, atletik disajikan dalam bentuk permainan menjadi kegiatan yang menarik. Tujuan modifikasi atletik ini ialah agar sejak awal unsur-unsur gerak dasar atletik dapat diperkenalkan kepada anak secara menarik dan menyenangkan.   

A. Dasar- dasar gerak lari dan jalan
1. Lari adalah nomor atletik yang menjadi dasar dari hampir semua cabang olahraga, paling tidak dalam pemanasan (warming up), lari menjadi bagian penting sehingga harus diajarkan kepada semua anak.
Guru dalam mengajar pendidikan jasmani harus selalu memikirkan tentang bagaimana bagian dari materi pelajaran lari dapat dibuat semenarik dan menyenangkan mungkin. Bentuk lintasan, susunan kelompok, peralatan yang digunakan dan gerakan larinya harus bervariasi. Berbagai gerakan lari yang dapat dilakukan misalnya: lari maju, mundur, dan ke samping, pada lintasan lurus dan lintasan berkelok-kelok, cepat dan lambat, menanjak atau menurun, menaiki atau menuruni tangga, dengan irama, sendirian, berpasangan, di bukit, di jalan, dalam bentuk estafet dan lain-lain.
Untuk materi  pelajaran pendidikan  jasmani di SD kelas I-II tentu saja tidak semua variasi  seperti contoh di atas ditampilkan. Materi harus dipilih dan disesuaiakan dengan pertumbuhan fisik dan kemampuan anak ( +  6-8 tahun ). Pada masa ini koordinasi gerak belum sempurna, sangat aktif, konsentrasi kurang, serta ingin tahu, imajinatif, senang membentuk kelompok kecil, laki-laki perempuan mempunyai minat sama, mudah gembira karena pujian dan mudah sedih karena dikritik. Dengan memperhatikan ciri-ciri di atas, maka materi pelajaran harus disesuaikan.
2. Contoh berbagai variasi lari dan jalan untuk kelas I dan II SD
@  Berbagai bentuk gerakan lari / jalan
·         Lari / jalan ke depan
·         Lari / jalan ke belakang
·         Lari angkat paha
·         Lari / jalan silang ke samping
·         Lari langkah kuda
·         Lari / jalan membawa benda
·         Lari / jalan lintasan berkelok-kelok
·         Lari / jalan naik / turun tangga

@ Anak bertemu satu dengan yang lain dengan gerakan jalan / lari :
·         Bersalaman
·         Menepukkan satu tangan dengan tangan lawan
·         Menepukkan kedua tang dengan tangan lawan
·         Bergandengan pada siku membuat satu putaran
·         Bergandengan tangan setinggi bahu, membuat putaran
·         Bergandengan dua tangan membuat satu putaran
Gerakan-gerakan tersebut di atas bisa dilakukan dengan jalan dan lari.

     3. Contoh lari dalam bentuk permainan
@ Lari / jalan bebas mengikuti garis yang dibuat di lantai memungkingkan mereka bertemu satu dengan yang lain. Bila mereka bertemu harus melakukan tugas yang diperintahkan oleh guru. Misalnya bertepuk satu / dua tangan, bergandengan membuat lingkaran dan sebagainya.


@ Mereka berlari berpasangan, nomor ganjil belok ke kanan dan pasangan nomor genap berbelok ke kiri. Bisa dibuat berbagai variasi lain misalnya waku berbelok pasangan berpisah ke kanan dan ke kiri. Pada setiap belokan bentuk gerakan lainnya bisa berganti. Misalnya angkat paha, lari menyamping, dan lain-lain

@ Pelari terdepan membuat gerakan tertentu, yang dibelakangnya menirukan.

@ Bangku yang diatur berderet (slalom) dapat memberi berbagai kemungkinan. Para pelari ditugasi start bersama dengan arah berlawanan. Pada waktu dua pelari bertemu diberkian tugas gerak tertentu, misalnya bersalaman dan lain-lain. Bangku biasa diganti dengan alat lain misalkan dus / kotak yang diatur berderet, pancang, tali atau kalau tidak cukup pakai garis saja.

Ban sepeda bekas juga menjadi alat yang menrik untuk lari di lantai. Ban-ban tersebut dapat dipakai sasaran lari, anak hanya boleh selangkah melewati ban.


B. Dasar-dasar Gerak Lompat
1. Anda pernah mengajar lompat di kelas I-II ? Apakah anda memerlukan bak pasir atau tumpukan busa untuk mendarat ? Tentu tidak ! Lompat utnuk anak satu dua bukan lompat seperti orang dewasa. Pelajaran lompat di kelas I-II masih berbentuk aneka ragam tugas-tugas gerak yang dilakukan dengan melompat-lompat. Tujuannnya adalah memperkaya perbendaharaan gerak anak, belum mengembangkan taknik dasar. Melalui serangkaian proses, perbendaharaan gerak anak akan semakin kaya dan lambat laun akan menuju teknik gerak yang diinginkan. Berbagai variasi gerakan melompat seperti, lompat kedepan, lompat kebelakang, lompat kesamping, lompat rintangan, dan lain-lain, dikemas dalam bentuk permainan yang menggembirakan.
Kegiatannnya dimanipulasi dengan gerakan sederhan, tidak terlalu terstruktur dan disesuikan dengan tingkat kemampuan serta karakteristik anak.
Anada pasti tahu bahwa pada anak kelas I-II (+ 6-8 tahun) koordinasi gerakannya masih belum sempurna. Oleh karena itu jangan diberikan tugas gerak yang berat. Mengapa ? Tugas gerak yang berat memungkinkan terjadinya kelainan postur tubuh. Untuk anak kelas I-II perlu gerakan-gerakan yang ringan, lincah, dan dinamis. Gerakan demikian sangat menyenangkan, efektif untuk mengembangkan koordinasi dan merangsang pertumbuhan fisik anak.
Agar anak mau dan senang melompat-lompat harus ada motivasi. Apakah anda kesulitan memotivasi anak ? Sebenarnya tidak sulit. Seringkali sekedar tanda-tanda di tanah dan garis-garis di lantai sudah cukup memberikan rangsangan. Sebagai contoh, anak-anak yang sedang main loncat-loncatan di halaman sekolah ! Karena asiknya mereka lupa akan keadaan sekitar
2. Contoh Berbagai Variasi Gerakan Melompat Untuk Kelas I dan II SD
@ Berbagai bentuk gerakan melompat
·         Melompat ke depan dengan kaki tumpu bergantian
·         Melompat ke depan dengan kaki tumpu tetap (“engklek”)
·         Melompat ke depan dengan tumpuan dua kaki
·         Melompat ke samping dengan tumpuan dua kaki
·         Melompat ke samping dengan tumpuan satu kaki
·         Melompat ke belakang dengan tumpuan dua kaki

@ Bentuk gerakan melompat berkawan
·         Berjingkat / melompat-lompat mengelilingi teman sambil bergandengan
 tangan

·         Dua orang berjingkat / melompat lompat mengelilingi teman sambil bergandengan tangan


·         Dua orang sambil bergandengan berjingkat / melompat-lompat secara bergantian menggeser ke samping

Sekelompok anak berbaris dengan saling bergandengan pada pundak. Membuat berbagai variasi gerakan lompat dengan iringan tepukan atau musik dengan irama tertentu (100-120 tepukan / menit)

3. Contoh Gerakan Melompat Dalam Bentuk Bermain
@ Menggunakan alat bantu tali
Fungsi tali adalah sebagai rintangan yang harus dilompati. Bagi anak kelas I-II sebaiknya digunakan tali elastis, misalnya karet gelang yang disambung-sambung. Dengan seutas tali yang cukup panjangnya dapat disusun berbagai bentuk permainan misalnya 6 anak duduk membuat lingkaran sambil memegang tali yang menghubungkan masing-masing anak yang lain lari mengikuti irama tepukan tangan (dari guru). Bila ada tanda peluit semua berhenti, lalu melompati tali masuk keluar beberapa kali sampai ada tanda peluit lagi. Kemudian melanjutkan lari keliling.
Contoh lain, pengaturan taki berbentuk bintang atau sebagai jari-jari lingkaran. Dua atau tiga anak duduk di pusat lingkaran, tangan kanan dan kiri masing-masing memegang seuras tali dan pada ujung luarnya masing-masing dipegang oleh seorang anak lain. Kelompok lain berlari keliling di dalam lingkaran sambil melompat taki. Tergantung perintah guru, berbagai variasi lompatan dapat dilakukan. 
Simpai atau ban sepeda bekas yang diletakkan berserakan di halaman juga merangsang anak untuk melompat dari simpai satu ke simpai yang lain.

C. Dasar-dasar Gerakan Melempar
1. Pembahasan Singkat
 Lempar adalah nomor atletik yang sering “terlupakan”. Guru pendidikan jasmani SD jarang terlihat mengajarkan, mungkin pengaruh aktivitas sehari-hari di jaman modern ini yang kurang memberi kesempatan kepada anak-anak untuk melakukan gerakan melempar. Tetapi apapun penyebabnyan perkembangan gerak anak kurang lengkap jika nomor lempar tidak diberikan.    
2. Contoh Berbagai Variasi Gerakan Melempar untuk kelas I dan II SD   
·         Lemparan ayunan di atas bahu satu tangan
·         Lemparan ke depan di atas kepala dengan dua tangan
·         Lemparan ke belakang di atas kepala dengan dua tangan
·         Lemparan ayunan di bawah bahu satu tangan
·         Ke depan dua tangan dari bawah ke atas
·         Ke belakang dua tangan diantara kaki kangkang

TUGAS DAN LATIHAN
Setelah mempelajari modul ini, anda dimohon untuk mencoba mengerjakan tugas di bawah ini dan mendiskusikan dengan teman yang dekat dengan sekolah anda. Laporkanlah pekerjaan dan hasil diskusi anda dalam kegiatan kelompok kerja guru dimana anda bertugas.
1. Modul ini ditulis dengan tujuan dapat dipelajari dan diterapkan oleh guru penjas SD yang mengajar pendidikan jasmani secara mandiri.
Uji cobakanlah materi dan contoh pembelajaran dalam modul ini, antara lain:
  1. Apakah anda bisa dan mudah memahami  
  2. Kendala apa yang ditemui dalam proses pembelajaran.
2. Tujuan utama modol atletik 1 ini adalah untuk mengenal dasar-dasar gerak lari dan jalan, lompat dan lempar kepada anak. Contoh-contoh dalam modul ini hanya sebagian saja dari dasar-dasar gerak tersebut. Selanjutnya coba kembangkan dalam bentuk permainan yang sesuai dengan karakteristikanak kelas I-II.
3. Buatlah deskripsi tentang kondisi sekolah anda berkaitan dengan kemungkinan dengan dapatnya dilaksanakan kegiatan pendidikan jasmani di sekolah Anda dengan model pembelajaran yang baru disampaikan ini
a. Bagaimana kondisi lapangannya.
b. Alat bantu yang ada dan yang mungkin bisa diciptakan atas kreativitas anda untuk memanfaatkan alat yang ada.



MODUL  2
PEMBELAJARAN ATLETIK KELAS III DAN IV
Modul ini lanjutan dari Modul Atletik 1. Sebagian besar materi dalam modul atletik 1 masih harus dikembangkan dan dilaksanakan di kelas III, IV SD. Kemudian ditambah dengan beberapa variasi gerakan yang mempunyai tingkat kesulitan lebih besar dibanding dengan materi kalas I / II. Jika pada kelas I / II alat – alat yang dipakai sebagian besar terletak hampir rata dengan tanah ( Simpai, Ban, Tali, Garis ) sebaiknya untuk kelas III-IV sudah digunakan alat yang lebih tinggi, misalnya lari dan melompati dst.
Anak kelas III-IV memiliki postur tubuh cenderung belum bagus, otot mulai tumbuh dengan cepat. Oleh karena itu perlu latihan pembentukan tubuh, sifat anak mulai timbul minat untuk berprestasi individual, kompetitif, dan punya idola. Atas dasar karakteristik ini maka disamping permainan beregu juga harus disiapkan permainan individual. Tetapi jangan lupa kemenangan individu bukan atas dasar kekuatan, keterampilan atau teknik tertentu. Bagi yang lemahpun harus diberi kemungkinan untuk menjadi pemenang. Contoh permainan memantulkan bola ketembok dengan menghitung jumlah bola  yang masuk ke keranjang. Yang penting dalam pembelajaran pendidikan jasmani unsur klasikal dan kegembiraan harus diperhatikan. Jangan ada anak yang pasif dan mendominasi kegiatan.
A. Dasar – Dasar Gerak Lari Dan Jalan
1. Pembahasan Singkat
Tugas gerak lari dalam modul 2 ini disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak yang perhatian utamanya untuk memperkaya perbendaharaan gerak lari. Sebaiknya guru memberi kesempatan kepada anak untuk menunjukan kemampuan larinya, tetapi tidak dilombakan dalam jalur sendiri-sendiri seperti pada lomba lari. Kesempatan ini masih dalam kaitan kelompok dan dalam bentuk permainan, misalnya permainan estafet (bukan lari estafet).
Kualitas tugas gerak lebih meningkat dibanding anak kelas I-II. Ini harus direncanakan dengan cermat, misalnya dengan tugas gerak yang lebih sulit, dengan mempertinggi rintangan-rintang untuk dilompati sambil lari. Atau menggunakan lintasan dengan berbagai macam belokan, yang penting tugas gerak itu merupakan peningkatan atau kelanjutan dari tugas gerka kelas dibawahnya.
2. Contoh Berbagai Variasi Lari dan Jalan Kelas III dan IV SD
·         Lari / jalan tendang pantat dengan tumit
·         Lari / jalan kedepan dengan kaki ayun lurus
·         Lari skiping
·         Lari skiping dengan angkat tumit
·         Lari / jalan sambil memutar lengan
·         Lari / jalan sambil memutar lengan arah berlawanan
  
Beberapa variasi gerak lari jika dilakukan dengan berkawan
·         Menerima benda dari teman untuk diteruskan
·         Melompati teman yang merangkak
·         Melompati teman yang membungkuk (guru harus cermat karena ada kelas yang muridnya belum semuanya mampu melakukan )
·         Menerobos diantara dua kaki

3. Contoh Gerakan Lari dan Jalan Dalam Permainan
* Menggunakan berbagai variasi lari dengan permainan sederhana, hanya dengan garis-garis di tanah atau lantai dapat disusun permainan dalam lapangan bujur sangkar. Setiap kelompok secara bergantian pindah kesisi bujur sangkar di depannya dengan lari yang di perintahkan oleh guru.


* Jika muridnya banyak keempat sisi bujur sangkar dapat diisi masing-masing dengan satu kelompok, kelompok yang berhadapan bertukar tempat dngan lari atas perintah guru.

* Suasana gembira lebih terjamin bila permainan dibuat dalam bentuk lomba beregu, memindahkan simpai ke garis seberang.

B. Dasar-dasar Gerak Lompat
1. Pembahasan Singkat
Dikaitkan dengan perkembangan dan pertumbuhan anak kelas III-IV dasar-dasar gerakan lompat sangat penting untuk diajarkan, gerakannya sesuai dengan anak yang energik walaupun postur tubuh belum bagus, namun otot mulai tumbuh dengan cepat. Sehingga berbagai gerakan lompat yang disiapkan dengan baik sangat membantu merangsang pertumbuhan otot, khususnya pertumbuhan otot tungkai.
Untuk menarik agar anak senang melompat-lompat maka rangsangan perlu ditingkatkan, misalnya dengan mempertinggi rintangan yang harus dilompati. Berdasarkan pengalaman melompa-lompat diatas kardus-kardus yang ditata dengan baik merupakan permainan yang mengasikkan bagi anak, jika sulit mencari kardus bisa dimanfaatkan alat-alat yang lainnya.
2. Contoh Berbagai Variasi Gerakan Melompat Untuk Kelas III-IV SD
·         Lompat kangkang ke depan
·         Lompat kangkang ke belakang
·         Lompat ke depan dengan sikap berdiri dari sikap bediri dan kaki menyilang secara bergantian
·         Lompat ke depan kaki menyilang bergantian kanan / kiri ke depan
·         Melompat split jatuh dua kaki bersamaan kaki kiri dan kanan bergantian ke depan
·         Lopat ke samping sambil berputar ¼ lingkaran

* Melompati tali atau dengan tongkat yang dipegang temannya dengan berbagai macam gerakan lompat.
* Melompati teman dalam posisi tiarap, merangkak, merangkak tumpu (press up), kayang.
* Melompati kardus yang diatur sebagai rintangan dengan berbagai macam variasi gerak lompatan, melompat kesamping, kanan, samping kiri yang diletakkan berderet. Berderet variasi gerakan dengan bertumpu dua kaki, bertumpu satu kaki, melompati dengan membuat putaran.
* Kardus-kardus dan alat yang lain, kadang-kadang hanya berfungsi sebagai batas, seperti contoh berikut : gerak sepanjang lintasan secara berpasangan maupun kelompok.

3. Contoh Gerakan Lompat Dalam Bentuk Permainan
* melompati teman dalam posisi merangkak, secara sederhana.
* Melompat dengan alat kardus secara sederhana.
C. Dasar Gerak Lempar
1. Pembahasan Singkat
Dalam modul ini akan diperkenalkan beberapa variasi gerak yang lain. Juga beberapa contoh permainan dengan gerakan melempar. Berbagai cara untuk mendorong dan mengajak anak melempar dengan mempergunakan alat-alat yang dilempar dibuat menarik supaya ada rangsangan tersendiri. Sasaran yang beraneka ragam akan memberikan motivasi untuk melempar. Semakin sulit tugas gerak yang diberikan, semakin menantang dan merangsang keinginan anak untuk melempar. Merek terdorong menampilkan kemampuannya dalam suasana bermain yang penuh semangat.
2. Contoh Gerakan Melempar Untuk Kelas III dan IV SD
·         Melempar tegak lurus keatas dengan satu tangan
·         Memantulkan bola ke tanah
·         Menolak dengan dua lengan dari dada sikap berdiri
·         Menolak dengan dua lengan dari dada sikap berlutut
·         Menolak dengan dua lengan dari dada sikap duduk
·         Melempar kedepan diatas kepala dengan dua lengan sikap duduk
* Bermain lempar tangkap dengan berpasangan.

* Melempar bola kesasaran tertentu.

* Lempar tangkap bola yang dipantulkan kelantai dengan tempat perkenaan bola diberi batas garis.

3. Contoh Gerak Lempar Dalam Permainan
* Estafet lempar yaitu pelempar dari satu tim dibagi dua menempati lingkaran di tiap sudut lapangan. Lemparan pertama dari masing-masing tim dimulai dari sudut diagonal yang berbeda. Tugas anggota tim adalah berebut pindah kelingkaran seberang dengan mengejar bola yang dilemparkan sendiri. Melempar harus dari dalam lingkaran untuk menangkap atau mengambil bola yang keluar, boleh keluar lingkaran tetapi harus kebali ke lingkaran, sebelum melanjutkan lemparan ke anggota tim berikutnya.


Gabungan antara lari dan lompat keliling, alat yang digunakan adalah kardus dan pancang yang mudah dipindahkan sehingga dapat diatur arena yang sifatnya lapang dan lebih jelas. Bagi anak ini lebih menyenangkan dan memberi dorongan untuk melakukan tugasnya lebih bersungguh-sungguh. Sementara setengah kelas berlomba yang lain istirahat tetapi tidak pasif. Mereka menjadi penggembira dan memberi dorongan yang berlomba dengan tepukan atau teriakan-teriakan.

  
TUGAS DAN LATIHAN
Setelah anda mempelajari modul atletik 1 sedikit banyak Anda pasti sudah memahami dan dapat mengembangkan pembelajaran di sekolah anda.
1. Seperti pada modul 1 anda diminta untuk menguji cobakan contoh-contoh pembelajaran dalam modul atletik 2 dan laporkan tentang
a. Apakah anda kesulitan untuk memahaminya ?
b. Kendala dan kesulitan dalam mempraktikkan ?
2. Setelah anak-anak memiliki perbendaharaan gerak lebih banyak, maka lebih banyak lagi model-model permainan dapat dibuat
a. Coba anda buat sendiri model permainan atletik yang sesuai dengan kondisi lapangan dan peralatan yang ada di sekolah anda.
b. Bedakan bobot kesukaran materi antara kelas yang rendah dengan kelas yang lebih tinggi

   
MODUL 3

PEMBELAJARAN ATLETIK KELAS V DAN VI SD
            Dengan keluarnya modul 3 ini maka atletik dalam bentuk pemainan untuk SD kelas I-VI telah lengkap disajikan berikut contoh-contoh pembelajarannya. Selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan sendiri melalui praktek pembelajaran pendidikan jasmani sehari-hari di sekolah masing-masing dengan dasar kaidah-kaidah proses belajar mengajar (PBM) yang telah disampaikan, harapannya dapat mulai mencobanya. Kemudian untuk memantapkan soyogyanya didiskusikan dengan guru-guru disekitar sekolah masing-masing. Yang menjadi fokus perhatian harus apat membedakan antar isi dan tugas ajar yang diberikan untuk kelas yang rendah dengan kelas yang lebih tinggi. Tugas gerak yang diberikan di kelas II seharusnya merupakan kelanjutan atau pengayaan dari kelas I, demikian seterusnya sampai kelas VI. Jadi tugas ajar kelas yang lebih tinggi seharusnya mempunyai bobot kesulitan lebih berat dibanding dengan kelas yang dibawahnya.
            Anak kelas V-VI SD waktu bermain boleh diperpanjang (dibanding kelas dibawahnya) bertumbuhan badan yang cepat dan kurang terarur menyebabkan keseimbangan tubuh terganggu karena gerakannya cenderung kaku. Ia ingin diterima sebagai anggota kelompok, oleh karena itu lebih mementingkan keberhasilan kelompok dibanding individu. Lebih menyenangi permainan dan perlombaan yang menggunakan peraturan resmi dan terorganisir. Inti dari uraian singkat ini ialah atletik kelas V-VI walaupun masih dalam bentuk permainan tetapi sudah mirip dengan nomor atletik tertentu dan dibuat aturan sesederhana yang mengarah ke peraturan yang sebernarnya. Tetapi tingkat permainan ini sama sekali masih belum menyangkut teknik dasar standard, seperti pengoperan tongkat estafet harus didalam petak pengoperasian, ayunan lengan harus betul dan dll. Lebih jelasnya ikutilah uraian singkat dan contoh di bawah ini :
A. Dasar-dasar gerak lari
1. Pembahasan singkat
Walaupun di atas disebutkan bahwa materi ajar utnuk kelas V-VI berbentuk permainan yang mirip atletik / lari sebenarnya, tetapi bukan berarti penambahan perbendaharaan gerak lari perlu diberikan. Paling tidak waktu pemanasan dan gerak pendahuluan sebaiknya di berikan permainan yang berisi berbagai variasi gerakan lari.
Permainan yang disesuaikan dengan kemampuan dan perkembangan, memungkinkan anak berkembang dengan resiko cedera sekecil mungkin. Lari dalam bentuk permainan memungkinkan anak lebih cepat mengembangkan berbagai keterampilan dasar yang diperlukan sebagai landasan kokoh bagi nomor lari atau dapat juga sebagai dasar bagi cabang olahraga yang dipilih sebagai spesialisasinya nanti.
Lari sambil bermain sebenarnya akan lebih menyenangkan jika dilakukan di lapangan luas di alam bebas atau di perbukitan. Contoh-contoh kegiatan bermain atletik (lari) yang diberikan hanya dipilih yang tidak memerlukan lapangan luas tetapi dilakukakn di halaman sekolah, di lapangan, atau di dalam aula. Dengan harapan dapat dilaksanakan di semua SD baik yang ada di perkotaan atau di pedesaan.
2. Contoh berbagai variasi lari dan jalan untuk kelas V dan VI SD  
·         Lari di lintasan
·         Lari menginjak peti lompat
·         Lari sikap gawang diatas kardus
·         Lari sambil main tali (skiping)
·         Lari melewati tali yang diputar oleh teman lain
·         Lari menanjak dan menurun

3. Contoh gerakan lari dan jalan dalam bermain
@ Dua anak jogging satu di depan satu di belakang dengan jarak sepanjang tongkat yang dipegang pada ujungnya. Bila ada aba-aba tertentu, tongkat dilepas dan pelari yang di belakang berusaha menangkap pelari yang di depan. Pada babak beriktunya posisi dibalik

@ Kelompok bersama-sama sprint ( lari secepatnya ) menuju bola yang diletakkan pada jarak secukupnya. Anak yang paling depan mengambil bola, lari menuju titik yang sudah ditentukan dan siap melempar, kemudian yang lain berderet-deret membuat jembatan dengan ‘sikap kepiting’. Anak paling ujung siap menerima bola lewat terowongan jembatan, si pelempar menyambung jembatan dengan sikap kepiting pula. Penerima membawa bola lari ke tempat melempar seperti anak pertama dan anak yang ada di ujung jembatan menjadi pererima bola. Demikian selanjutnya sampai semua melakukan giliran melempar bola. Kemudian kelompok bersama-sama kembali ke tempat semula.

Tugas tambahan ( melempar bola lewat terowongan ) ini dapat diganti dengan tugas yang lain. Misalnya kelompok berlari bersama menuju simpai yang diletakkan di ujung lain. Semua anggota kelompok menerobos simpai, baru lari kembali ke tempat semula.

Permainan lari sambung (estafet)
Berbagai variasi permainan estafet dapat ditampilkan dengan menggunakan alat bantu bola, kardus atau simpai.
* Bola sebagai pengganti tongkat dalam permainan estafet bolak-balik ( shuttle )



* Memindahkan kardus atau benda lain ke sisi berlawanan satu persatu


* Estafet bolak-balik dengan memindahkan kardus atau simpai.


Permainan lari gawang dengan menggunakan kardus.
* Kardus ditata sebagai rintangan dalam lintasan untuk dilompati dengan lari. Lintasan satu ada satu kardus, lintasan ke dua denga dua kardus dst.




* Jika keterampilan anak sudah bagus dan berani melompat tanpa ragu-ragu, maka untuk rintangannya bisa dengan menggunakan bangku.
* Agar secara tak sadar anak-anak melakukan gerakan mirip lari gawang, maka rintangan kardus bagian tengah dibuat rendah dan ujung kiri kanan lebih tinggi. Kaki ayun di atas kardus bagian tengah dan kaki tumpu ditekuk di atas kardus yang lebih tinggi.



Selanjutnya anda dapat membuat model permainan yang lain misalnya model lintasannya melingkar atau lurus memamanjang dll.

B. Dasar-Dasar Gerak Lompat
1. Pembahasan singkat.
Jika materi atletik dalam pendidikan jasmani di SD dilaksanakan dengan lancar mulai kelas I s/d VI sesuai dengan rencana, maka anak kelas V- VI seharusnya sudah mempunyai perbendaharaan dasar-dasar gerak lompat yang cukup lengkap. Dengan demikian materi ajar atletik nomor lompat juga mematangkan dan mengembangkan gerak dasar dominan dalam nomor lompat. Maksudnya perbendaharaan gerak yang sudah dibina dari kelas I s/d VI harus dijaga agar tetap melekat pada anak, bahkan sampai dewasa nanti. Permainan yang dinamis bergembira dengan berbagai variasi gerakan lompat masih digunakan sebagai pendekatan dalam pendidikan jasmani.
Dari segi perkembangan, pertumbuhan dan pembinaan anak kelas V – VI memasuki masa peralihan. Peralihan yang dimaksud adalah pergantian dari masa kanak-kanak memasuki masa puber, ini tentu mempengaruhi aktivitas geraknya. Tapi karena masa puber ini banyak disoroti dari segi kejiwaan, maka tidak diulas secara khusus dalam modul ini. Dari segi pertumbuhan terlihat bahwa pada anak usia 11 – 13 tahun ( kelas V – VI ) otot tumbuh cepat tetapi tidak teratur. Agar tumbuhnya menjadi optimal perlu dirangsang melalui gerak dalam pendidikan jasmani.
Guna memberi kesempatan kepada anak berbakat mengembangkan kemampuannya, guru harus memilih permainan yang dapat mengembangkan gerak dasar, yaitu gerakan yang mengandung ciri-ciri nomor lompat tertentu, tetapi belum masuk dengan teknik dasar yang standar. Anak masih bebas melakukan gerakan dalam permainan yang disiapkan oleh guru. Disini kreativitas guru sangat berperan untuk membuat permainan dengan variasi gerakan yang dapat menunjang perkembangan gerak dasar dominan pada nomor lompat.
2. Contoh berbagai variasi lompat untuk kelas V dan VI SD
·         Lompat ke depan tinggi bertumpu satu kaki.
·         Lompat berjingkat bertumpu satu kaki bergantian.
·         Melompati kardus dengan melangkah, bertumu satu kaki
·         Melompati kardus dengan kedua lutut ditekuk
·         Melompati kardus dengan membuat ½ atau satu putaran
·         Melompati mistar dengan kedua lutut ditekuk

3. Contoh gerakan lompat dalam permainan
Berbagai model permainan lompat mulai menggunakan alat seperti kardus, matras, bangku sampai dengan menggunakan fasilitas alat yang lengkap, dengan mudah dapat disusun. Jika hanya ada matras saja secara sederhana dibuat sebagai berikut :

Apabila ditambah kardus dapat juga dibuat seperti berikut :


Permainan seperti diatas akan semakin menarik jika rintangan diletakan pada lintasan yang berbentuk segitiga atau lingkaran.



Permainan mengarah ke nomor sebenarnya, yaitu lompat jauh yang merupakan kombinasi antara sprint dengan kekuatan menolak/menumpu.

Untuk lebih mengarah ke nomor sebenarnya dapat dikembangkan sebagai berikut :

Pada permainan diatas jarak rintangan harus diatur dengan satu langkah maju (lebih pendek), semua anak dengan mudah dapat melompati rintangan berikutnya. Sebaiknya dilaksanakan dengan irama. Dapat pula setiap kelompok melakukan lompatan sambil bergandengan tangan, hanya pada lompatan terakhir  melompat sendiri-sendiri. Kegiatan berikutnya, agar anak dapat merasakan melayang maka lompatan terakhir melompat secara sendiri-sendiri.
Kegiatan berikutnya agar anak dapat merasakan melayang maka pada lompatan terakhir diberi rintangan yang sedikit lebih tinggi dibanding rintangan sebelumnya. Atau jika punya peti lompat yang cukup kuat disusun seperti gambar berikut.


C. Dasar-dasar gerak lempar
1. Pembahasan singkat
Setelah mempelajari modul satu dan dua diharapkan tidak lagi kesulitan untuk mengembangkan dan menciptakan lebih banyak model-model permainan dalam gerakan lempar. Model tersebut dapat digunakan sampai dengan kelas VI. Hanya untuk kelas V-VI materinya ditekankan pada pengembangan gerak dasar dominan untuk nomor lempar. Ini dimaksudkan untuk membantu anak mempersiapkan diri sebelum menetapkan nomor spesialisasinya.
Karakteristik gerakan lempar sangat mudah dibedakan antara nomor lempar yang lain. Jika melempar bola dengan ayunan tangan diatas kepala dan dengan awalan lari adalah ciri dasar gerakan lempar lembing. Melempar dengan ayunan samping dan awalan berputar adalah ciri dasar gerakan lempar cakram. Gerakan mendorong / menolak dengan awalan menggeser adalah ciri dasar gerakan tolak peluru.
Dari segi peralatan yang digunakan karakteristik nomor lempar mudah pula dibedakan. Nomor lempar lembing menggunakan peralatan berbentuk tombak. Nomor lempar cakram mengunakan peralatan yang berbentuk piring / lempengan bulat, dan tolak peluru menggunakan peralatan berbentuk bola / bulat. Dalam pembelajaran peralatannya dimodifikasi, lembing diganti dengan bola berekor atau tongkat kayu / bambu seadanya yang tidak terlalu berat untuk dilempar. Cakaram diganti dengan simpai, ban sepeda bekas, atau kantong pasir. Peluru diganti dengan bola, kantong pasir, atau batu jika peralatan yang lain tidak tersedia.
2. Contoh berbagai variasi gerakan melempar untuk kelas V dan VI SD
·         Lemparan atas (over arm throw)
·         Lempar ayunan berputar (rotasional throw)
·         Lemparan tolakan (puttingthe shot)

          Lemparan atas                      Lemparan samping                 Tolakan
@ Berbagai variasi gerakan lempar ayunan diatas lengan dapat dikembangkan menjadi beberapa model kegiatan.

@ Demikian pula beberapa model ayunan berputar ini juga dapat menjadi dasar untuk mengembangkan permainan anak.

@ Gerakan mendorong menolak yang dilakukan dalam berbagai posisi (berdiri, berlutut, duduk) dan diarahkan kesasaran tertentu seperti pada gambar berikut.


3. Contoh gerakan lempar dalam permainan
@ Permainan yang menggunakan dasar lempar diatas bahu misalnya menggusur bola, yaitu regu A dan regu B berusaha mengeluarkan bola dalam lingkaran kearah daerah lawan.
@ Permainan mengguanakan dasar gerakan lempar ayunan berputar yaitu masing-masing regu berusaha mengumpulkan skor sebanyak mungkin dengan cara menghitung jumlah lemparan yang masuk ketonggak dalam waktu yang ditentukan. Untuk memudahkan pelaksanaan simpai yang digunakan kedua regu dicat berbeda.

@ Permainan dengan dasar gerakan mendorong dengan siswa berpasangan berhadapan, walaupun sederhana tetapi sangat merangsang dan menarik bagi anak-anak utnuk mencoba, lebih-lebih jika dapat memotivasinya.


Selanjutnya agar bentuk pembelajaran lebih menarik dapat diberikan pula dengan menggabungkan antara sprint, estafet dan gerakan lompat.

Berlari menyusuri lintasan lurus dengan melompati beberapa rintangan kardus, kemudian yang terakhir melompat dengan mendarat dengan dua kaki.
  

TUGAS DAN LATIHAN
1. Uji cobakan contoh pembelajaran atletik untuk kelas V-VI dalam modul atletik 3 ini dan sampaikan kelompok kerja guru tentang:
a. Kekurangan,kelemahan,dan kendala
b. Kesesuaian dengan kemampuan anak.
c. Kemukakan komentar dan saran saudara
2. Model-model permainan atletik untuk kelas V-VI sudah boleh mengarah ke teknik dasar untuk nomor tertentu, tetapi belum boleh mengajarkan langsung teknik tersebut. Agar anda dapat membuat permainan yang mempunyai ciri gerakan nomor atletik tertentu, maka perlu juga memahami tentang nomor atletik sebenarnya.
 
DAFTAR PUSTAKA

Drs. Soepartono. ( 2005 ). Pembelajaran Atletik. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Guru Penjas
Han s Katzenbogner/Michael Midles. (1996). Pedoman Atletik Untuk Anak.Nomor Lari dan Gawang seri I (alih bahasa oleh PASI ). Jakarta: PASI
………….   (1996) Pedoman Atletik Untuk Anak.Nomor Lompat seri II. (alih bahasa oleh PASI ). Jakarta: PASI
…………..  (1996). Pedoman Atletik Untuk Anak.Nomor Lempar seri III. (alih bahasa oleh PASI ). Jakarta: PASI
Mochamad Djumidar A. Widya. (2004). Gerak- Gerak Dasar Atletik Dalam Bermain. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.